ANALISIS KOMPONEN ARUS KAS, MANAJEMEN MODAL KERJA DAN KEBIJAKAN DIVIDEN TERHADAP RETURN SAHAM

  • Indah Kusuma Dewi Universitas Telkom
  • Siska Priyandani Yudowati Universitas Telkom
Keywords: Komponen Arus Kas, Manajemen Modal Kerja, Kebijakan Dividen, Return Saham

Abstract

Return saham merupakan suatu manfaat yang didapatkan investor atas investasi yang telah dilakukan pada suatu perusahaan. Return saham perusahaan sektor pertambangan pada periode 2015-2018 mengalami fluktuasi, hal tersebut menyebabkan ketidakpastoan return yang akan diterima oleh nvestor. Dengan adanya hal tersebut maka investor perlu mengetahui dan menganalisis terhadap aspek yang dapat mempengaruhi return saham.

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menguji pengaruh secara simultan dan parsial komponen arus kas, manajemen modal kerja yang diproksikan dengan cash conversion cycle dan kebijakan dividen yang diproksikan dengan dividend payout ratio terhadap return saham pada perusahaan sektor pertambangan yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia periode 2015-2018. Penelitian ini menggunakan metode purosive sampling sehingga didapatkan sebanyak 32 data.

Penelitian ini menggunakan software Eviews 10 sehingga dihasilkan bahwa komponen arus kas, manajemen modal kerja dan kebijakan dividen secara simultan berpengaruh terhadap return saham. Arus kas operasi dan manajemen modal kerja berpengaruh positif secara parsial terhadap return saham, sedangkan arus kas investasi, arus kas pendanaan dan kebijakan dividen tidak berpengaruh secara parsial terhadap return saham.

Published
2020-04-29