PENGARUH BUDAYA ORGANISASI DAN LINGKUNGAN KERJA TERHADAP KEPUASAN KERJA DAN KINERJA PEGAWAI DINAS KEBUDAYAAN DAN PARIWISATA KABUPATEN BOJONEGORO

  • Selvy Virginita Orizanti Pascasarjana Universitas Wijaya Putra
  • Woro Utari Universitas Wijaya Putra
  • Nugroho Mardi W. Universitas Wijaya Putra
Keywords: Budaya Organisasi, Lingkungan Kerja, Kepuasan Kerja, Kinerja Pegawai

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mendiskripsikan kondisi budaya organisasi, lingkungan kerja, kepuasan kerja, dan kinerja pegawai Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kabupaten Bojonegoro. Untuk mengetahui pengaruh budaya organisasi dan lingkungan kerja terhadap kepuasan kerja pegawai, Pengaruh budaya organisasi, lingkungan kerja dan kepuasan kerja secara langsung terhadap kinerja pegawai, Pengaruh budaya organisasi dan lingkungan kerja secara tidak langsung terhadap kinerja pegawai melalui kepuasan kerja.

Jenis penelitian ini adalah explanatory research dengan pendekatan  kuantitatif. Populasi adalah seluruh Pegawai, Sampel sebanyak 47 penarikan sampel dengan total sampling. Analisis data menggunakan path analysis.

Hasil penelitian didadapatkan bahwa Budaya organisasi dan kepuasan kerja dalam kondisi baik dan variabel lingkungan kerja dan kinerja dalam kondisi sangat baik. Budaya organisasi dan Lingkungan kerja berpengaruh terhadap kepuasan kerja. Budaya organisasi secara langsung tidak berpengaruh terhadap kinerja. Lingkungan kerja dan Kepuasan kerja secara langsung berpengaruh terhadap kinerja pegawai. Budaya organisasi secara tidak langsung berpengaruh terhadap kinerja pegawai melalui kepuasan kerja. Lingkungan kerja secara tidak langsung berpengaruh terhadap kinerja pegawai melalui kepuasan kerja.

Published
2020-04-28