ANALISIS DAMPAK MEKANISME KEBIJAKAN TRANSMISI MONETER TERHADAP TINGKAT SUKU BUNGA DASAR KREDIT PADA BANK PEMERINTAH DAN BANK SWASTA DI INDONESIA PERIODE JANUARI 2014 – SEPTEMBER 2019

  • Faiq Permadi Zuffar Mahasiswa
  • Dadan Rahadian Universitas Telkom
Keywords: Kebijakan Moneter, SBDK, Suku Bunga, Metode VAR

Abstract

Kebijakan moneter digunakan untuk menjaga dan memelihara kestabilan nilai mata uang yang tercermin pada tingkat inflasi. Bank Indonesia menetapkan suku bunga kebijakan Bank Indonesia sebagai instrument untuk mempengaruhi aktivitas perekonomian Indonesia. Optimalnya perubahan suku bunga pada Bank Swasta maupun Pemerintah tiap periode harus sesuai dengan ketetapan Bank Indonesia pada periode yang sama. Namun dalam faktanya, terjadi time lag saat BI merubah kebijakanya. Data yang digunakan untuk penelitian ini merupakan data sekunder, yaitu data SBDK dan data BI Rate. Metode analisis penelitian ini menggunakan model VAR.

Hasil menunjukan time lag pada Bank Pemerintah maupun swasta berbeda-beda. Besaran time lag pada Bank Pemerintah pada SBDK Korporasi adalah 21 periode, Ritel 24 periode, Mikro 23 periode, KPR 14 periode dan Non KPR 12 periode. Besaran time lag pada bank swasta pada SBDK Korporasi adalah 23 periode, Ritel 21 periode, Mikro 22 periode, KPR 5 periode, dan Non KPR 17 periode.

Published
2020-10-01