PENGARUH KEPEMIMPINAN TRANSFORMASIONAL DAN MANAJEMEN KEPALA RUANG TERHADAP KINERJA DOKUMENTASI ASUHAN KEPERAWATAN DI RUMAH SAKIT X JAKARTA

  • Eleonora Nataline STIK SINT Carolus
  • Anwar Kurniadi Universitas Pertahanan Sentul
  • Havidz Aima Universitas Mercu Buana Jakarta
Keywords: Kepemimpinan Transformasional, Manajemen Kepala Ruang, Kinerja Dokumentasi Asuhan Keperawatan

Abstract

Kinerja dokumentasi asuhan keperawatan adalah fungsi penting dari praktik keperawatan profesional. Terlepas dari berbagai upaya peningkatan secara global, dokumentasi yang tidak memadai terus terjadi dan dilaporkan. Sehingga penting menyelidiki penyebabnya terutama yang berkaitan dengan kepemimpinan dan manajemen. Tujuan penelitian ini adalah mengetahui dan menjelaskan pengaruh kepemimpinan transformasional, manajemen kepala ruang dan demografi (usia, jenis kelamin, lama kerja, pendidikan) terhadap kinerja dokumentasi asuhan keperawatan. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode penelitian cross-sectional terhadap 51 orang perawat di rumah sakit X Jakarta. Pengumpulan data dilakukan melalui kuesioner kepemimpinan transformasioal, kuesioner manajemen kepala ruang dan lembar penilaian dokumentasi asuhan keperawatan di ruang rawat inap rumah sakit X Jakarta. Analisis data dengan menggunakan analisis univariat, bivariat dan multivariat dengan teknik regresi linear berganda menggunakan SPSS 25. Hasil penelitian menunjukan kepemimpinan tranformasioanl berpengaruh signifkan terhadap kinerja dokumentasi asuhan keperawatan dengan hasil Pvalue < 0,005. Manajemen kepala ruang berpengaruh signifikan terhadap kinerja dokumentasi asuhan keperawatan dengan Pvalue < 0,005. Faktor demogafi (usia, lama kerja, pendidikan, jenis kelamin) tidak berpengaruh terhadap kinerja dokumentasi asuhan keperawatan.

Kepemimpinan transformasional, manajemen kepala ruang, faktor demogafi (usia, lama kerja, pendidikan, jenis kelamin) secara bersama sama berpengaruh signifikan terhadap kinerja dokumentasi asuhan keperawatan.

 

Published
2020-10-01