SUPERVISI KLINIS PROCTOR TERHADAP KEPUASAN KERJA DAN KINERJA PERAWAT PELAKSANA

  • Imelda Imelda STIK Sint Carolus Jakarta
  • Emiliana Tarigan STIK Sint Carolus
  • Sutanto Priyo Hastono Universitas Indonesia
Keywords: Supervisi, Proctor, Kepuasan Kerja, Kinerja

Abstract

Tujuan ini adalah untuk mengetahui pengaruh implementasi inovasi digital terhadap kinerja perusahaan dilihat dari perspektif pembelajaran dan pertumbuhan PT. Indonesia Power UPJP Kamojang. Jenis penelitian yang dilakukan adalah deskriptif dan bersifat kausal. Jumlah sampel sebanyak 147 orang karyawan PT. Indonesia Power UPJP Kamojang, dengan teknik pengambilan sampel yakni simple random sampling. Analisis data dengan menggunakan analisis Stuctural Equation Model (SEM).

Hasil penelitian menunjukkan bahwa inovasi digital dan kinerja perusahaan dikategorikan baik. Hasil pengujian statistik diperoleh terdapat pengaruh positif dan signifikan inovasi digital terhadap kinerja perusahaan dilihat dari perspektif keuangan, perspektif konsumen, perspektif proses bisnis internal dan perspektif pertumbuhan dan pembelajaran PT. Indonesia Power UPJP Kamojang.

Disarankan agar perusahaan perlu meningkatkan kualitas sistem ERP dengan cara melengkapi fitur, meningkatkan standar sistem, melakukan perawatan sistem, memperbaiki tampilan sistem ERP, meningkatkan proses bisnis internal dan pertumbuhan dan pembelajaran.

Published
2020-10-01